Aktivis 1998


Ayo Kita Tebakan!
Dia raja
Tapi tanpa mahkota
punya pabrik punya istana
coba tebak siapa dia?
dia adalah aku!

Dia kaya
Keluarganya punya saham dimana-mana
tapi negranya rangking tiga
paling korup di dunia
coba tebak siapa dia?
dia adalah aku!

Dia tua
tapai ingin tetap ingin berkuasa
tak boleh ada calon lain selain dia
kalau marah
mengerahkan angkatan bersenjata
rakyat kecil yang tak bersalah
ditembak jidatnya
coba tebak siapa dia?
dia adalah aku!

Dia sakti
tapi pasti akan mati
meski seakan tak bisa mati
coba tebak tebak siapa dia?
dia adalah aku!

siapa aku?
aku adalah diktaktor
yang tidak bisa tidur nyenyak!

Riwayat penulis puisi :
widji widodo ( wiji thukul)
Tpt tgl lahir :
sorogenen,solo, 26 agustus 1963.

Wiji tukul  hilang barang kali juga  sengaja di hilangkan  tapi perlawanannya tak pernah berhenti.
lewat puisi ia terus menebar “konfrontasi” menentang kekuasaan yang mencabut hak asasi manusia, menjadi budak digerakkan kemana suka.
puisi ini merupakan sindiran untuk perintahan pada masa orde baru,dimana puisi ini diaggap menghasut para aktvis untuk melawan pemerintahan orde baru, tetapi. Setelah rezim soeharto tumbang dia belum juga pulang sampai saat ini,banyak yang menduga dia menjadi korban penculikan dan pembunuhan sekitar prahara 17 mei 1998.

Comments

Popular Posts