Selasa, 01 Oktober 2013

TUGAS I BAGAIMANA KEMAJUAN KOPERASI SEJAK PERTAMA KALI DIDIRIKAN HINGGA SAAT INI ?


       Perkembangan  koperasi indonesia mengalami pasang surut,dalam perjalannya koperasi indonesia selalu mempunyai ruang lingkup usaha yang berbeda-beda dari waktu kewaktu tergantung pada lingkungan bangsa Indonesia.

      Dahulu,koperasi menekan pada kegiatan simpan pinjam. Kemudian berkembang menjadi serba usaha yang menyediakan barang-barang kosumsi hingga koperasi indonesia mulai merambah pada penyediaan barang-barang produksi.

       Kini koperasi mulai berkembang dengan dukungan pemerintah dengan basis sektor-sektor primer dan distrubusi yang memberikan lapangan kerja yang terbesar bagi penduduk Indonesia. Bahakan  koperasi secara ekspilisit ditugaskan untuk melanjutkan program yang kurang berhasil ditangani oleh pemerintah bahakan oleh Bank Pemerintah, seperi penyaluran kredit Bimas menjadi KUT, pola pengadaan beras pemerintah, TRI dan lain-lain sampai pada penciptaan monopoli baru ( cengkeh ). Sehingga koperasi harus memikul beban gegalan program, sementara koperasi berswadaya praktis tersisihkan oleh berbagai kalangan para peneliti dan media massa. Dalam pandngan pengmatan internasional  Indonesia mengikuti lazimnya pemerintah Asia yang melibatkan koperasi secara terbatasseperti di sektor pertanian.( Sharma, 1992  )

       Koperasi selain sebagai organisasi ekonomi juga merupakan organisasi pendidikan dan pada awalnya koperasi maju ditopatng oleh tingkat pendidikan anggota yang memudahkan lahirnya kesadaran dan tanggung jawab bersama dalam sistem demokrasi dan tumbuhnya  kontrol sosial yang menjadi syarat berlangsungnya pengawasan oleh anggota koperasi.  Oleh karena itu kemajuan koperasi  didasari oleh tingkat perkembangn pendidikan  dari masyarkat dimana koperasi perlu didirikan. Pada  saat ini perkembagan pendidikan bukan lagi menjadi hambatan karena rata-rata pendidikan  penduduk telah meningkat. Bahkan  teknologi telah  turut mendidik  masyarakat , meskipun juga ada dampak negatifnya..

Hal-Hal Apa Saja Yang Telah Dicapai ?

 1. Koperasi sudah semakin berkembang  menjadi salah satu faktor utama dalam membantu dana          UKM
 2. Menjadi peneyerap tenaga kerja dan pemberdayaan masyarakat sekitarnya
 3. menjadi pensuplai barang-barang produksi ( Pertanian atau peternakan ) sarana simpan pinjam.

        Menurut pendapat saya meskipun kemajuan ekonomi koperasi telah mencapai berbagai kemajuan hingga saat ini, tetapi seiring waktu peran koperasi saat ini mulai tengelam di desa-desa karna saat ini begitu banyaknya Bank-Bank umum yang menawarkan simpan pinjam dengan bungan redah ketika meminjam dan bunga tinggi ketika menabung dan tidak bisa di pungkiri kalau suatu saat nanti peran ekonomi di masyarakat akan hilang dengan sendirinya.

Sumber
http://selviadevy.blogspot.com/2012/11/makalah-perkembangan-koperasi-di.html
http://www.anneahira.com/perkembangan-koperasi-indonesia.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar