Senin, 24 Juni 2013

Kampung Kecilku






Saat ini belum begitu banyak yang berubah dikampung ini,masih hampir sama ketika  saya     masih berseragam sekolah dahulu hanya saja lahan yang dahulunya kosong yang menjadi tempat anak-anak bermain bola saat ini mulai dibangun gedung-gedung pamerintah maupun rumah-rumah penduduk meski diantara setiap rumah penduduk jaraknya hampir agak  terpisah jauh dari rumah penduduk lainnya,  bangunan-bangunan proyekpun mulai terlihat dimana-mana dan  kampus tempat mengenyam pendidikan sudah mulai  berdiri megah. dari pinggir-pinggir jalan sudah bisa terlihat dimana gedung pemerintah dan kampus itu berada.

Dahahulunya sawah-sawah yang membentang luas,lahan pertanian masih bisa dilihat dari pinggir-pinggir jalan namun saat ini lahan pertanian seperti sawah telah dialih fungsikan untuk pembagunan rumah penduduk, sekarang sawah-sawah yang menjadi tempat lahan pertanian mulai tetutupi dengan berdirinya rumah penduduk bahkan berdirinya kantor-kantor pemerintah.

Dengan tampa mereka sadari berdirinya bangunan-bangunan tersebut akan berdampak terhadap hasil pertanian mereka, yang dahulunya bisa menghasilkan beberpa kaleng beras pertahun dan mungkin saat ini mereka tidak bisa lagi memetik hasil pertanian mereka seperti dahulu ketika dimana lahan-lahan mereka masih begitu luas.

          Bukan itu saja dampak dari pembangunan tersebut, akan banyak hal lain yang akan timbul dari pembangunan-pembangunan tersebut seperti peternak-peternak sapi,kerbau maupun kambing. Mereka tidak bisa lagi melepaskan ternak mereka dengan bebas, makanan sapi seperti rumut-rumput akan sulit lagi mereka cari yang dahulunya makanan ternak mereka tidak sulit mereka cari dan sekarang mereka harus mencari makan ternak mereka ke suatu tempat yang jauh dari tempat biasa mereka mencari makanan ternak mereka.
          Seharusnya pemda setempat bisa mempetakan yang mana boleh didirikan bangunan-bangunan pemerintah maupun rumah penduduk dan yang mana bisa untuk dijadikan lahan produksi pertanian, akan sangat sayang sekali jika lahan untuk pertanian yang sangat baik dan subur untuk pertanian di alih fungsikan sebagai tempat berdirinya gedung-gedung yang hanya dimanfaatkan segelintir orang saja. Yang mungkin tidak bisa di nikmati oleh semua masyarakat.

           Bagi saya alangkah  baiknya  membangun infrastruktur seperti jalan yang di perlebar,jalan yang berlubang diperbaiki, jalan yang masih berupa tanah di gantikan  dengan  jalan setapak agar mereka yang membawa hasil pertanian dari gunung-gunung tidak merasa kesulitan jika membawa dari hasil pertanian mereka, dan kalau infrastrktur seperti jalan telah baik itu sangat membantu dan mempermudah akses mereka untuk membawa  hasil pertanian mereka yang begitu melimpah ke suatu tempat perdangan.

           Namun  dengan minimnya pengetahuan masyarakat, dan kurang mendapatkan pengarahan dari pemerintah setempat, dalam waktu yang tidak begitu lama mungkin 4_5 tahun mereka akan mulai merasakan susahnya untuk mencari beras yang dahulunya bisa mereka beli dengan harga yang tidak begitu tinggi mungkin suatu saat mereka akan membeli harga beras jauh dari harga yang tidak pernah  mereka bayangkan yang dahulunya mereka menjadi penghasil beras terbesar dan tidak bisa dipungkiri juga  suatu saat mereka akan menjadi pengekspor beras karna pertumbuhan penduduk semakin meningkat sedangkan hasil dari pertanian mereka terus menurun.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar