Sabtu, 29 September 2012

BAB 1TUGAS PENGANTAR BISNIS



BAB 1
PENGERTIAN   BISNIS

      Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
(Sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis)

JENIS-JENIS BISNIS
Ada berbagai macam-macam bisnis yang ada di saat ini. Dan berikut ini macam-macam bisnis yang ada saat ini adalah:
1.       Bisnis internet
2.       Bisnis  waralaba
3.       Bisnis jasa
4.       Bisnis  perbankan
5.       Bisnis  rumahan
6.       Bisnis manufaktur
7.       Bisnis utilitas
8.       Bisnis pertanian dan pertambangan
9.       Bisnis transportasi
10.   Bisnis ritel / eceran
11.   Bisnis grosir
12.   Bisnis hiburan
13.   Bisnis real estate
14.   Bisnis MLM
by astrid nadia
TUJUAN  KEBIJAKAN  BISNIS
 
      
Dalam penjalanan bisnis diperlukan adanya kebijakan yaitu, Prosedur yang harus dijalankan agar kegiatan berjalan sesuai dengan perencanaan dan mencapai target dari dilakukannya bisnis terkait. Dalam penyusunan kebijakan akan melibatkan beberapa pihak terkait dan mengakibatkan efek kepada seluruh anggota bisnis. Pemerintah dan pimpinan kelompok ataupun seseorang dalam bisnis individu merupakan pihak utama yang terkait dalam hal penentuan kebijakan bisnis.

SISTEM PEREKONOMIAN DAN SISTEM PASAR
      Sistem perekonomian adalah sistem yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.

1 Perekonomian terencana
   perekonomian terencana ada 2 yaitu komunisme dan sosialisme
   a. sistem perekonomian komonisme adalah sistem perekonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian
  b. sistem perekonomian sosialisme adalah suatu sistem perekonomian  yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepeda setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah

2. Perekonomian pasar
    perekonomian pasar bergantung pada kapitalis dan liberalisme untuk menciptakan suatu lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli brang yang mereka inginkan
 a. Sistem perekonomian kapitalis
    Sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian
  b. Sistem perekonomian liberalis adalah suatu filosofi ekonomi dan politik

KESEMPATAN   BISNIS

Belakangan ini kaum muda seperti para mahasiswa banyak yang ingin terjun ke dunia bisnis. Kreatifitas dan ide – ide bisnis yang cemerlang banyak bermunculan dari mereka yang rata – rata masih berusia muda. Beberapa pengusaha muda yang masih menjadi mahasiswa telah menunjukan kesuksesan mereka dalam membuktikan kemandirian mereka.
Namun yang sangat disayangkan, tidak semua mahasiswa memiliki keyakinan dan keberanian yang sama untuk mencoba peluang bisnis yang ada. Masih banyak dari mahasiswa yang lebih memilih bekerja partime sebagai karyawan direstoran, warnet ataupun mengikuti event – event tertentu yang membutuhkan karyawan dibanding mencoba menjalankan sebuah usaha. Mereka masih berpikiran bahwa menjalankan bisnis akan mengganggu kuliah yang sedang ditempuhnya. Padahal sebenarnya banyakbisnis sampingan yang dapat dijalankan para mahasiswa tanpa mengganggu jadwal perkuliahan yang mereka tempuh.
Selain itu kepikiran dengan jadwal yang bertabrakan, para mahasiswa juga selalu menggunakan alasan belum memiliki modal besar untuk menjalankan usahanya. Sebenarnya banyak peluang usaha sampingan yang tidak membutuhkan modal besar, berikut ini beberapa contoh peluang bisnis untuk mahasiswa yang dapat dicoba rekan – rekan yang sedang mencari usaha :
1.      Bisnis jasa terjemahan bahasa
2.      Bisnis online
3.      Bisnis pulsa elektrik
4.      Bisnis yang sesuai dengan hobi


UNSUR-UNSUR  PENTING  DALAM  AKTIFITAS EKONOMI

Aktifitas ekonomi memerlukan 3 unsur yaitu:
1.                  Keinginan manusia
2.                   Faktor-faktor produksi
3.                  Cara-cara berproduksi( Techniques of production)  

HAKIKAT BISNIS

Hakikat Bisnis Adalah Kebutuhan Manusia yang berupa barang dan jasa yang harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak.
Ruth simatupang Blog

MENGAPA BELAJAR BERBISNIS ??

Selain kita mengetahui tentang bisnis,kitapun sudah memahami.
apa itu yang di namakan  dengan bisnis.
di sisi lain kita juga bisa belajar bagaiana mengelola bisnis dengan baik.
Dengan belajar bisnis kita di ajarkan bagaimana cara menghadapi resiko dalam bisnis dan cara menghindarinya. orang - orang yang mampu menjalankan bisnisnya dengan baik dan memperoleh keuntungan dan dapat bertahan menghadapi resiko dan pesaingnya, maka orang itu bisa dikatakan telah memanfaatkan bisnis dengan sukses.


REFRENSI :

(Sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis)

SUMBER: Dimas story. HTTP/d1maz.blogspot.com
http://www.peluangusaha.web.id/2009/12/peluang-usaha-peluang-bisnis-bagi.html
Pengantar bisnis oleh M.Fuad, DKK. HTTP/Books.google.co.id
http://fachrurrozyezy740.blogspot.com/2010/10/ruang-lingkup-bisnis.html